Sendiri Demi Memantaskan Diri

"Ingat umur loh chaaa. Cari pacar sana"
"Apa? Mau lanjutin kuliah lagi? Bakalan teknik dong. Telat nikah maksudnya" 
"Belum move on ya? Kok gak pernah pacaran sih?"

Hayoo siapa yang pernah dapat pertanyaan kayak gitu juga? Angkat tangaaan!!
Eneg banget dong ya kalau dengar orang-orang pada ngomong gitu sama kita. Iya. Itu tuh yang biasa aku dengar. Toh, menjadi single bukan suatu kutukan yang membuat kita harus merasa malu. Nikmati aja kesendirian itu guys.
Coba bayangin bahagianya aku saat gak perlu khawatir bangun terlambat karena ada seseorang yang minta bangunin cepat esok harinya. Atau sekedar kasi kabar setiap aku ganti posisi dari satu tempat ke tempat lain. Atau misalnya harus permisi sama doi saat pengen banget ngumpul sama teman lama kayak yang baru aja aku lakuin. Gak menutup kemungkinan dong aku gak bakalan bisa ikut reunian sama teman SMP dari sore sampek malam seandainya aku punya pacar. Hemm, pasti banyak larangan ini itu.
Sebenarnya kebebasan bukan alasan utama aku milih jalan hidup jadi single. Lebih dari itu, ada alasan yang sudah sewajarnya aku turutin. Iya dong. Larangan dari Allah. Lah, udah jelas-jelas Allah melarang pacaran, masa iya aku yang cuma butiran debu ini dengan angkuhnya tetap menjalin kasih dengan yang namanya 'pacar'. Masih juga 'ngemis' sama Allah, udah sombong banget ngelanggar larangan-Nya. Duh duuuhh...
Dan juga ni yaa. Apa sih yang buat aku harus banget punya pacar? Emangnya ada gitu hal-hal yang cuma bisa aku lakuin sama pacar? Dinner? Pengen ini itu gratisan? Cari teman curhat? Boncengin ke sana ke mari? Yaaa elaah, semua itu bisa dilakuin dengan sahabat-sahabat aku kok. Barusan aku dinner sama teman-teman, gratis lagi hahaa. Teman curhat? Ya ampuuun, Allah selalu ada dengarin curhatan kita. Boncengin ke sana ke mari? Gojek, Grab, Uber, udah bertebaran genks. Kapan pun dan di manapun selalu setia demi kamu. 
Lalu apa lagi yang harus aku cari? Menurut aku sih gak ada. 
"Kalau gak ada pacar ada rasa yang hilang chaaa" kata kamu
Alaaa, palingan itu cuma alasan yang kamu buat-buat aja. Hati kita gak sekecil itu looo. Buktinya aku gak pernah merasa 'sepi' hati karena gak ada pacar. Ya karena memang aku tahu yang buat hati aku 'ramai' itu bukan pacar, tapi hal-hal bahagia nan sederhana lainnya. 
Intinya sih, bukan karena aku pengen bebas ke sana ke mari jadi lebih milih single. Tapi ya karena gak ada yang namanya pacaran dalam ajaran Islam.
Beda ceritanya kalau kamu tanya kesiapan aku untuk menikah. Hemmm...

Jadi yaa, dari pada aku galau mikirin pacar dan antek-anteknya. Mendingan aku pantesin diri. Belajar jadi pribadi yang lebih baik. Menyebarkan manfaat seluas-luasnya untuk orang sekitar. Ya mudah-mudahan seiring berjalannya waktu, Allah bakalan mempertemukan dengan orang yang tepat di waktu yang tepat. Kan, jodoh itu cerminan diri kita.

Comments

Popular posts from this blog

Eksotisme Pulau Banyak

Dear Zindagi

Suka Duka Menjadi Asisten Peneliti