Tekad. Kunci menuju kesuksesan.

Assalamualaikum dan salam sejahtera untuk pembaca setia semuanya di manapun berada.

How was your weekend? Menyenangkan dong pastinya :)

Semalam saya membuka-buka folder foto yang ada di laptop. Perhatian saya tertuju pada folder foto teman saya ketika diperantauan. Mereka sudah seperti keluarga bagi saya dan kami sangat dekat. Tiba-tiba saya jadi merindukan mereka. Jujur saja, mereka satu-satunya (selain keluarga) yang dekat sama saya.

Jika para pembaca sudah mengenal saya sejak kecil hingga sekarang, mungkin kalian bisa melihat perkembangan saya. Tapi jika pembaca hanya mengenal saya ketika sudah kuliah, kalian belum benar-benar mengetahui saya. Semasa sekolah, saya orangnya benar-benar pemalu, sangat pendiam, serta tidak suka terlibat dengan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan orang banyak. Bahkan ada masa saat sekolah, salah satu guru saya memberikan waktu khusus untuk saya agar mau 'berbicara'. Tapi usaha itu sia-sia, saya tidak mengeluarkan satu kalimat pun. Saya merasa tak berdaya dan tak mampu untuk berbicara di depan orang ramai. Hal ini sebenarnya sangat mengganggu dan saya menyadari bahwa sifat saya ini membatasi ruang gerak saya.

Kemudian saya menyadari bahwa saya harus segera berubah. Jika tidak, suatu saat sisi saya itu akan merugikan dan membuat saya tertinggal. Gayung pun bersambut. Setelah mengumpulkan tekad yang kuat untuk berubah, saya pun pergi merantau untuk kuliah. Tempat yang benar- benar baru bagi saya. Tidak ada bayang-bayang teman lama. Tidak ada bayang-bayang suasana lama. Serta harus memulai semuanya sendirian. Saat itu lah saya memutuskan untuk bisa berubah dan saya yakin pasti bisa berubah.

Awalnya benar-benar susah dan sangat berat. Bayangkan saja, saya harus memulai sesuatu yang bahkan sebelumnya enggan untuk saya lakukan. Akhirnya seiring dengan berjalannya waktu, dinamika perubahan yang saya alami telah memberikan warna yang berbeda bagi kehidupan saya. Perlahan tapi pasti, saya mulai bisa berbicara di depan banyak orang, saya telah mampu menyampaikan pendapat serta mampu mengekspresikan diri saya. Bahkan sekarang saya sudah bisa lebih asertif dan sangat menyukai terlibat dalam kegiatan sosial. Saya sangat mengapresiasi diri sendiri atas pencapaian tersebut. Mungkin bagi sebagian orang itu hal yang biasa. Tapi bagi saya itu merupakan hal yang luar biasa.
Lalu, apa yang menjadikan saya dapat mengubah hal tersebut?

Yupp.. Tekad & Keyakinan yang kuat memang kunci utama dari semua hal. Ada hukum alam, bahwa jika kita yakin sepenuhnya dengan keinginan kita, maka dunia dan seisinya akan turut membantu kita mewujudkannya. Dan tentu saja kita tidak bisa mengkerdilkan campur tangan Tuhan, karena semua itu bisa terjadi atas izin Tuhan.

Nah, buat semua pembaca setia di manapun berada, apa keinginan terbesar kalian saat ini? Jangan lupa pasang tekad yang kuat yaa. Semoga keinginan kita dapat terwujud dengan cara dan waktu yang terbaik. Aamiin :)

Love,
Icha Hasyim

Comments

Popular posts from this blog

Eksotisme Pulau Banyak

Dear Zindagi

Suka Duka Menjadi Asisten Peneliti